Saturday 26 September 2015

Fungsi Bahasa

 
(google)

Nah tadi kita sudah membahas pengertian dari bahasa, sekarang mari kita bahas apa sih fungsi dari bahasa itu sendiri.

Menurut Wikipedia, fungsi bahasa adalah alat untuk berkomunikasi, alat untuk mengekspresikan diri dan juga sarana untuk kontrol sosial.

Nah sedangkan jika dilihat dari tujuannya, fungsi bahasa adalah :
  1. Untuk kepraktisan, karena bahasa digunakan untuk berkomunikasi anatara satu dengan yang lain. Kenapa praktis? Karena dengan bahasa kita tidak perlu sulit untuk membuat lawan kita mengetahui apa yang kita maksud.
  2. Untuk artistik, bahasa kadang diolah, dibuat, dan dirangkai sangat indah. Kenapa? Banyak hal contohnya adalah seorang yang membaca puisi maka dia harus membuat bahasa itu lebih indah. Kan nggak enak kalau puisi bahasanya kalem amat, hehehe.
  3. Untuk pembelajaran, sadar atau tidak kita mempelajari sesuatu hal itu dengan bahasa. Karena jika kita tidak tau bahasa bagaimana kita bisa mengerti?
  4. Untuk Fillologis, bahasa kadang juga digunakan untuk mempelajari adat budaya, latar belakang sejarah manusia, dan juga perkembangan bahasa itu sendiri
Sedangkan bahasa jika dilihat dari penutur, pendengar, kode, dan amanat dari pembicaraan adalah :
  1. Fungsi Direktif, fungsi ini adalah fungsi di mana bahasa digunakan penutur untuk memaksa pendengar melakukan apa yang penutur katakan.
  2. Fungsi Fatik adalah fungsi di mana bahasa digunakan untuk menjalin solidaritas sosial atau bersahabat. Ungkapannya biasanya pasti sehingga tidak akan diartikan secara harfiah
  3. Fungsi Referensial, fungsi ini yang banyak dipakai ibu ibu soalnya fungsi ini adalah fungsi di mana bahasa digunakan untuk membicarakan apa yang ada di sekeliling penutur, bisa itu peristiwa atau pun suatu objek tertentu.
  4. Fungsi Metalingual, fungsi adalah di mana bahasa digunakan untuk memperjelas bahasa itu sendiri, misalnya penutur menjelaskan sesuatu hal yang dianggap masih klise bagi si pendengar.
  5. Fungsi Imajinatif, fungsi ini adalah fungsi di mana bahasa digunakan untuk mengekspresikan pikiran, gagasan, ide dan lain-lain yang diaplikasikan ke dalam sebuah cerita, lukisan, dongeng, lagu dsb.

riyan

About riyan

Saya Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim jurusan Teknik Informatika

Subscribe to this Blog via Email :