Tuesday 27 October 2015

IT di 5 bidang beserta contoh dan cara kerjanya

IT
(Google)
Teknologi Informasi kini bukan hanya terpaku pada hal - hal perusahaan bidang teknologi seperti Microsoft, Google, Asus dan masih banyak lain. Di masa ini Teknologi telah berkembang di berbagai bidang dan sektor. Di sini saya akan membahas 5 bidang saja karena ini juga sebagai tugas kuliah :D

  1. Bidang kesehatan.
    Di Eropa sendiri bidang kesehatan telah dipakai sejak tahun 1800-an dan berkembang sangat pesat di masa sekarang ini. Contoh dalam bidang kesehatan yang akan saya bahas adalah Computer Tomography (CT) Scan

    CT Scan
    Gambar CT Scan (Google)

    CT Scan adalah sebuah alat untuk mengecek kondisi pasien dengan menembakkan sinar X yang dihasilkan oleh CT Scan. Bagaimana cara kerjanya? Menarik, yuk kita bahas.
    Berbeda dengan sinar X yang biasa digunakan dalam tabung, CT Scan memusatkan keluaran sinar X di antara bentuk bulat seperti donat tersebut yang diberi nama Gantry. Di waktu pasien melakukan CT Scan, di awalnya dia akan tiduran di kasur yang disediakan dan perlahan-lahan kasur tersebut bergerak melewati Gantry, bersamaan dengan itu sinar X akan langsung ditembakkan untuk mengitari pasien. CT Scan menggunakan pendeteksi sinar X dibandingkan dengan film, yang terletak berbeda dengan sumber sinar X berasal. Setelah proses pemindaian selesai maka pendeteksi tersebut mengirimkan datanya ke komputer
    Contoh hasil dari CT Scan (Google)
  2. Bidang Pertanian.
    Setelah bidang kesehatan, kita beralih ke bidang pertanian. Teknologi hadir pertama kali di bidang ini sekitar abad ke-18. Contoh teknologi yang akan saya bahas adalah alat perontok padi.

    Perontok padi (Google)
    Perontok padi adalah alat yang memisahksan bulir padi dari material yang menempel.
    Alat ini memiliki tiga proses untuk memisahkan bulir padi:
    Pertama, padi akan dikirimkan ke Feeder, Feeder akan mengatur banyaknya padi yang masuk jadi tidak akan kelebihan beban.
    Kedua, saat padi telah masuk, alat pemisah akan menggerakkan pisau-pisaunya untuk memotong padi tersebut, pemotongan sendiri berawal dari memisahkan batang padi dengan kepala padi kemudian biji padi akan dipotong dari kepala padi. Untuk kepala padi dan badan padi langsung diarahkan ke tempat sampah.
    Ketiga, bulir padi kemudian akan diarahkan ke tahap terakhir lalu dengan angin yang sangat kencang memisahkan bulir padi dengan sekamnya.Bulir padi kemudian kembali ke Feeder untuk mengukur keluaran padi yang akan dikeluarkan. Kemudian bulir padi dikeluarkan dengan angin yang sangat kuat.
  3. Bidang Percetakan.
    Nah yuk kita beralih ke percetakan. Sebenarnya percetakan sudah dimulai tahun 3000 sebelum Masehi, lama ya (>.<) hehehe, cukup candanya. Teknologi hadir di bidang percetakan pada tahun 1440 di Jerman. Yang akan saya bahas di sini ya itu, mesin percetakannya :D

    Mesin Percetakan (Google)
    Cara kerja mesin percetakkan dibilang rumit, tapi saya akan coba menjelaskannya secara singkat. Sebelum menjalankan mesin percetakkan tersebut kita harus punya sebuah desain atau bentuk untuk hasil cetakkan kita. Setelah mempunyai bentuk, letakkan sebuah bidang(kertas, baju, spanduk, dll) lalu tinta yang ada di piringan mesin akan ditransfer ke lapisan selanjutnya lalu kemudian baru di transfer ke bidang tersebut. Jika bidang tersebut panjang maka mesin percetakkan mempunyai roller untuk terus terusan mencetak bidang tersebut berdasarkan apa yang diperintahkan dan yang ada dibentuk awal
  4. Bidang Industri
    Awal pertama kali teknologi memasuki bidang industri adalah pada tahun 1760-an. di bidang ini saya akan membahas tentang alat yang digunakan untuk mengecek korosi pada besi yang bernama Ultrasonic flaw detector.

    Ultrasonic Flaw Detector (Google)
    Cara kerja alat ini dengan mengirimkan sinyal yang ada di Transducer ke bidang yang dideteksi. Ada dua cara sinyal itu memantulkan hasilnya kembali ke alat yaitu, refleksi dan redaman. di bagian refleksi Transducer menerima dan mengirim sinyal ke bidang dan ke alat tersebut. di bagian redaman sinyal akan dikirim ke bagian permukaan bidang lalu alat penerima akan menerima sinyal melalui redaman bidang tersebut.
  5. Bidang Militer.
    Teknologi pada bidang militer pertama kali muncul pada tahun 1915-an. Contoh teknologi yang akan saya bahas adalah pendeteksi radar.

    Pendeteksi Radar (Google)

    Cara kerja radar adalah dengan menembakkan sinyal radio, lalu jika ada sebuah benda yang di arah sinyal radio tersebut maka benda itu akan memancarkan sinyal elektromaknetik kembali ke radar melalui udara.
Referensi :
http://www.sciencemuseum.org.uk/broughttolife/themes/technologies.aspx
http://www.nibib.nih.gov/science-education/science-topics/computed-tomography-ct#1021
https://www.agclassroom.org/gan/timeline/farm_tech.htm
http://www.farmcollector.com/equipment/how-a-threshing-machine-works.aspx
https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_printing
http://www.ideafinder.com/history/inventions/printpress.htm
https://www.imaging.org/ist/resources/tutorials/printing_press.cfm
https://en.wikipedia.org/wiki/Industrial_Revolution
https://en.wikipedia.org/wiki/Ultrasonic_testing

riyan

About riyan

Saya Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim jurusan Teknik Informatika

Subscribe to this Blog via Email :