Friday 2 October 2015

Sejarah dan Fitur Java

Sejarah dan Fitur Java
(Google)


Bahasa program java tidak lepas dari nama Oak. Oak sendiri diperkenalkan oleh Sun Microsystems di awal tahun 90-an sebagai sebuah bahasa paltform independen yang bertujuan untuk mengijinkan aplikasi hiburan seperti video, game dan VCRs berkomunikasi.

Nama Oak itulah yang kemudian berubah menjadi Java.

Nah fitur dari Java itu sendiri :
  1. Bisa digunakan diberbagai platform - Compiler dari Java tidak membuat kode untuk sebuah paltfrom tapi lebih ke arah instruksi 'kode byte' untuk Java Virtual Machine(JVM). Yang berarti semua kode yang telah dikompilasi bisa dijalankan di semua platfrom yang mendukung Java tanpa melakukan perubahan
  2. Object Orientation - Ini artinya semua yang ada di program Java adalah sebuah objek dan semua class nya terhubung menjadi satu objek.
  3. Rich Standard Library - Ini adalah fitur paling menarik dari Java. Java memilii 100 class  dan method dalam 6 fungsi area penting. 
    1. Language Support - Ini adalah class untuk fitur lanjutan di Java seperti String, Arrays, Thread, dan Exception Handling
    2. Utility class ini untuk fitur seperti membuat sebuah nomor secara acak, fungsi jam dan tanggal, serta untuk menampung banyak class.
    3. Input/Output -  class ini untuk membaca dan menulis berbagai macam data yang berasal dari sumber manapun
    4. Networking class ini memungkinkan komputer untuk terhubung dengan jaringan lokal(LAN) atau internet
    5. Abstract Window Toolkit class ini untuk membuat aplikasi independen dari GUI(Graphic User Interface)
    6. Apllet - class ini memungkinkan untuk kita membuat program Java yang bisa mendownload dan menjalankan browser yang ada pada orang yang membukanya.
    Apllet Interface -
     Selain bisa membuat aplikasi yang berdiri sendiri, Java juga bisa membuat aplikasi untuk mendownload sesuatu atau membuka browser bawaan user yang membukanya.
  4. Mirip dengan C++ -  Salah satu hal yang membuat Java sangat pesat digunakan karena syntax dalam Java mirip dengan bahasa program C++ yang sangat populer
  5. Garbage Collection - Java tidak memerlukan seorang programmer untuk mengecek berapa memori yang terpakai untuk programnya. Karena itu Java sangat mudah ditulis dan jarang terjadi kesalahan dalam hal memory.

riyan

About riyan

Saya Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim jurusan Teknik Informatika

Subscribe to this Blog via Email :